Monday, July 25, 2016

Sertifikat Pilot Drone | Haruskah Saya Memiliki Sertifikat Drone?

Sertifikat Pilot Drone | Haruskah Saya Memiliki Sertifikat Drone? - Pertanyaan yang kini menjadi perdebatan, apakah pengguna drone/quadcopter harus memiliki sertifikat menerbangkan drone? apakah ketika saya menerbangkan drone tampa memiliki sertifikat akan bermaslah? terus, bagaimana saya mendapatkan sertifikat drone? berdasarakan hasil dari bertanya disana-sini dan membaca artikel serta menyimak pembahasan pengguna drone di berbagai forum hasil yang dapat saya simpulkan adalah "Iya, anda akan membutuhkan sertifikat drone" apabila anda seorang profesional dan berniat serius menekuni profesi sebagai penerbang drone dan anda membuka jasa atas skill anda dalam menerbangkan drone. tetapi "Tidak, anda tidak membutuhkan sertifikat drone" jika anda pengguna drone untuk keperluan seperti merekam dan mengambil gambar aktifitas liburan anda, sekedar berfoto serta merekam video untuk tujuan pribadi atau kelompok anda.

Haruskah Ada Sertifikat Drone?
Haruskah Ada Sertifikat Drone?

Kenapa Harus memiliki Sertifikat Drone?

Saya asumsikan anda sudah memiliki drone dengan spesifikasi yang lumyan tinggi dan pada suatu ketika anda ditawari untuk meliput suatu acara pemerintahan atau anda ditawari untuk mengambil gambar dari ketinggian untuk membuat peta suatu wilayah yang luas, ketika anda menerima tawaran tersebut kemudian tawar menawar harga pun terjadi, pasti pihak penawar akan menyai tentang kemampuan anda serta pengalaman anda dalam menerbangkan drone, dalam hal ini sertifikat drone sangat penting perananya, memiliki sertifikat drone akan menambah daya jual anda sebagai penerbang drone karena dengan sertifikat drone tersebut anda akan sangat di percaya. Sertifikat Pilot Drone | Haruskah Saya Memiliki Sertifikat Drone?

Baca juga: 6 Drone Pilihan Terbaik Untuk Kamera Go Pro

Sebaliknya jika anda hanya mengandalkan pengalaman dan skill untuk menerima pekerjaan yang ditawarkan tampa memiliki sertifikat drone maka jangan heran anda akan di ragukan karena tidak memiliki sertifikat yang di akui ke absahanya.

pentingnya sertifat drone
pentingnya sertifat drone
Pada dasarnya adalah memiliki sertifikat penerbangan drone sama halnya seperti anda memiliki bukti bahwa anda adalah seorang yang perofesional di bidang penerbangan pesawat tampa awak ini namun jika anda meyakinkan orang hanya dengan perkataan anda tampa menyertakan bukti maka setiap perkataan anda di ragukan.

Kesimpulanya adalah anda tidak membutuhkan sertifikat drone jika anda sekedar menerbangkan drone untuk bermain-main di tanah yang lapangan sekedar ingin merasakan sensasi menerbangkan drone dan merekam serta berfotoria tampa memiliki tujuan kedepan untuk lebih serius, namun jika anda seorang yang ingin terjun kedunia drone secara profesional maka sertifikat drone pasti anda butuhkan  syarat untuk anda sebagai seroang yang pro di bidang penerbangan drone.

Baca juga: Pemula Drone? Pahami istilah-istilah Drone Berikut | Penting!

Nilai Plus jika anda ingin memiliki sertifikat drone adalah anda akan mendapatkan pelatihan khusus dalam menerbangkan drone, anda akan dilatih dan diberi pengetahuan yang lebih tentang dunia drone, anda juga akan melewati ujian tertulis dan juga ada ujian lapangan, selain itu anda bisa menerbangkan lebih dari 1 jenis drone tentunya akan memberikan sensasi yang berbeda. pada dasarnya adalah pelatihan untuk mendapatkan sertifikat drone ini untuk menghindari kerusakan atau tabrakan yang tidak sengaja yang berakibat kerusakan pada drone itu sendiri serta untuk menghindari mencelakai orang lain yang disebabkan oleh drone. Sertifikat Pilot Drone | Haruskah Saya Memiliki Sertifikat Drone? 

Poin penting jika seorang pilot drone memiliki Sertifikat adalah:

1. Daya saing Anda meningkat
2. Jasa anda dipercaya
3. Kemampuan Anda tidak diragukan
4. Orang tidak segan-segan menggunakan jasa anda
5. Jasa anda akan sering digunakan jika dibanding dengan teman anda tampa sertifikat

Sertifikat APDI di Bandung

Hal-hal yang Perlu anda ketahui Sebelum Memiliki Sertifikat Drone

Dari pemabahasan diatas semoga anda bisa memahami penting atau tidaknya memiliki sertifakat drone. yang perlu anda ketuhi selanjutnya adalah bahwa untuk memiliki sertifikat ini ada beberapa hal yang perlu anda ketahui.

1. Sertifikat terbagi 2 kelas, yaitu:
  • Kelas A dibawah 3kg
  • kelas B diatas 3kg
2. Memayar iuran atau pembayaran
  • Kelas A Rp.350.000
  • Kelas B Rp.500.000
3. Anda akan diminta untuk menyetujui bahwa:
  • Peserta yang mengikuti tunduk terhadapt keputusan final
  • Melapas hak gugatan apapun proses, hasil dan keputusan evaluator 
  • Bertanggung jawab terhadapat drone yang akan di uji coba dilapangan
4. Jenis Drone yang dijadikan tryning saat ini hanya drone multirator
5. Untuk mengikuti pelatihan ini anda tidak harus memiliki drone pribadi
6. Anda akan diuji dengan berbagai macam gaya bermanuver ( Pola figur 8 sebanyak 2 kali, take off dalam posisi menyamping dll)
7. Anda akan diberi 1 kali kesempatan apabila tryning pertama gagal.
8. Anda harus menjadi anggota APDI.
 
Baca juga: Harga dan Spesifikasi Drone Camera DJI Phantom 4 Full HD 1080p

delapan hal dasar yang disebutkan diatas merupakan hal-hal yang perlu anda ketahui sebelum mengikuti tryning untuk mendaptkan sertifikat drone. sebenarnya masih banyak lagi ketentuan dan pelaksanaan yang dijelaskan saat anda mengikuti tryning ini namun 8 hal tersebut cukup untuk bekal anda jika anda ingin memiliki sertifikasi dalam menerbangkan drone.

Portfolio ancol TMII Kelapa gading

Lalu, Dimana saya bisa mendapatkan sertifikat Drone? 

APDI Resmi berdiri
Sebagai syarat utama mengikuti pelatihan untuk mendapatkan sertifikat sesuai level anda maka hal yang pertama yang anda lakukan adalah mendaftarkan diri sebgai anggota APDI, anda bisa lihat disni dan ikuti langkah-langkahnya hingga anda terdaftar sebagai slah satu anggota APDI. atau anda bisa membaca info di official web APDI di http://www.terbangterus.com/

Asodiasi Pilot Drone Indonesia (APDI) merupakan tempat para pilot amatir, semi profesional hingga pilot profesional untuk mewujudkan dunia penerbangan drone yang aman, bertanggung jawab serta bermartabat melalui kerjasama dengan pemerintahan, dunia usaha serta semua pemangku kepentingan untuk kemajuan indonesia.

Garuda Wisnu Kencana

Anda bisa mengikuti salah satu pelatihan yang diadakan oleh JSP (Jakarta School of Photography) yang beralamat.
Cempaka Mas Blok C No.28 Jl.Letjen Suprapto
Cempaka Putih Jakarta Pusat 10640

Telpon : +622127918999
Email : info@ispschool.co.id
atau anda bisa mengunjungi http://www.jsp.co.id

0 komentar

Post a Comment